Maskamplong

Modus penipuan lowongan kerja





Jenis Iklan penipuan lowongan kerja



Banyak yang mengeluh tentang susahnya mencari kerja di jaman ini. Ada yang bilang karena sarjana terlalu banyak, ada juga yang bilang biaya untuk seorang pekerja terlalu mahal dan masih banyak alasan-alasan yang terdengar logis.


Atas dasar banyaknya pengangguran di bumi Indonesia, maka para scammers atau para penipu membuat strategi baru guna memanfaatkan kebutuhan para pencari kerja.


Dengan memanfaatkan keinginan para pengangguran untuk bekerja, para scammers membuat iklan lowongan kerja dengan berbagai teknik. Ada yang memanfaatkan rasa penasaran, ada juga dengan mengiming-imingi gaji gede dan lain lain.



Kali ini saya akan membahas jenis-jenis penipuan lowongan kerja berdasarkan maksud dari iklan lowongan kerja. Sebelumnya kamu bisa membaca dulu artikel mengenai alur lowongan kerja atau hati-hati lowongan kerja diinternet.


Baca juga: scam: hati-hati lowongan kerja palsu dan Scam: Alur penipuan lowongan kerja



Jika sudah mari simak jenis-jenis penipuan dalam iklan Lowongan kerja sebagai berikut :


1. Full scam

Biasanya type seperti ini adalah yang benar-benar berniat buat ngobyek dengan cara memberikan lowongan kerja ke para pengangguran atau pencari kerja lainnya dengan berbagai modus yang tentunya kerjaannya juga hanya fiktif.


Contohnya seperti lowongan kerja yang menawarkan kerja dengan kualifikasi umum dan menawarkan jasa ADM (administrasi) buat masuknya. Memang ada kerjaan yang memakai ADM guna melicinkan proses perekrutannya tapi percayalah 70% orang yang menawarkannya itu adalah penipu (kalau kita tidak kenal).


Contoh realnya bisa di cari di google dengan keyword " kisah pt mug".


Dan ingat kawan, kalo kerja uda diawali dengan unsur KKN ujung-ujungnya kena KPK (komisi pemutusan kerja) dan juga gak bakal barokah.


2. Semi scam

Kalau jenis yang ini adalah yang susah buat diberantas, tau kenapa? Karena lowongan kerjanya benar adanya namun namun sepi peminat, sehingga iklan lowongan kerjanya cuma menyebutkan lowongan kerja dengan gaji besar tanpa menyebutkan jobdesknya. Atau yang lagi rame itu lowongan dengan modus adanya lowongan (misal manager, staff. Ob dsb.) pass uda kerja dialihin buat posisi lain (biasanya dialihin jadi sales buat nyari nasabah di oknum perusahaan future, u know lah)


Contohnya: Iklan menyebutkan lowongan kerja akunting di sebuah PT yang bergerak dibidang valas. ketika kita sudah interview kita dialihin ke bagian maeketing untuk mencari nasabah, dan sialnya kita disuruh kerja kayak jualan cilok, kalo gak dapet pembeli kita gak digaji.


Di gugel anda bisa cari kisahnya dengan keyword "lowongan broker penipu"


3. Jokes

Dari judul saja pembaca sudah bisa menebak arah tulisan ini. Jika belum ngerti, saya coba jelaskan sedikit. Jokes itu artinya lelucon, lelucon tentang lowongan kerja. Biasanya ini dipasang oleh orang orang iseng dan kalo di pikir secara logika lowongan ini ngawur.


Cotohnya, dibutuhkan lelaki berotot yang suka tidur untuk menjadi polisi dengsn syarat xxxx. Arahnya sudah ketebak kan jika itu loker lucu-lucuan untuk posisi polisi tidur.


Tapi loker ini diposting oleh orang-orang iseng ditujukan buat teman-teman yang suka iseng juga jadi gak bahaya. Yang bahaya mah jenis loker point 1 dan 2.


Sekian tulisan ini semoga anda mengerti dan tercerahkan.




Posted via kamplongan


    




  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Modus penipuan lowongan kerja
      Komentar(0)